Gak Perlu Rajin ke Salon, 5 Hal Sederhana ini bisa Bikin kita Awet Muda


Banyak yang berpendapat, kalau ingin awet muda dan tampil cantik, rajin-rajinlah ke salon, melakukan berbagai perawatan agar muka tetap kinclong serta wajah semakin cantik. 

Anggapan itu ternyata tidak sepenuhnya keliru. Tapi, ada cara sederhana, mudah, dan meriah agar ibu terlihat awet muda, begini kiatnya: 
1. Peduli terhadap orang lain
Para periset di Universitas Michigan di Ann Arbor menemukan, orang-orang yang menunjukkan kepedulian terhadap orang yang dicintai, memiliki usia lebih panjang. Laki-laki maupun perempuan yang merawat pasangannya, mengurangi risiko kematian hingga 36 persen dalam kurun waktu tujuh tahun. Selain itu, mereka yang optimis atau memiliki harapan yang tinggi juga berumur lebih panjang. Dari 100.000 perempuan yang diteliti dalam studi Women's Health Initiative didapati mereka yang optimis, mengurangi kemungkinan kematian dini hingga 14 persen dibanding yang pesimis dalam kurun waktu delapan tahun. 
2. Memiliki tujuan hidup 
Memiliki tujuan dalam hidup, baik cita-cita untuk melakukan sesuatu terhadap dunia, atau sekadar ingin liburan ke tempat impian maupun membaca buku tertentu akan membuat seseorang lebih mungkin hidup lama dibanding mereka yang tidak memiliki keinginan. Para periset di Rush University Medical Center di Chicago yang mewawancarai lebih dari 1.200 orang dewasa mendapati, mereka yang memiliki tujuan atau cita-cita, bisa mengurangi separuh kemungkinan mati muda dalam kurun waktu lima tahun dibanding yang tidak. 
3. Perbanyak Vitamin D dari matahari 
Tingkat Vitamin D yang rendah menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis, diabetes, hipertensi, dan kanker. Menurut penelitian, mereka yang tidak cukup mendapatkan "Vitamin matahari" ini 26 persen kemungkinan meninggal lebih awal. Michal Melamed, MD, asisten profesor kedokteran di Albert Einstein College of Medicine di Bronx menyarankan agar kita mendapatkan 10 sampai 15 menit sinar matahari, beberapa hari dalam seminggu. Ibu juga bisa mengonsumsi suplemen Vitamin D untuk manfaat anti penuaan. 
4. Kurangi konsumsi daging merah 
Studi yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 545.000 orang Amerika menemukan, orang yang makan sekitar empat ons daging setiap hari, 30 persen kemungkinan meninggal lebih awal, dibandingkan mereka yang mengonsumsi satu ons atau kurang. Penelitian sebelumnya juga menghubungkan konsumsi daging merah dengan risiko penyakit jantung dan kanker usus. Kemudian studi tersebut menemukan, konsumsi daging merah ternyata juga mempengaruhi harapan hidup seseorang. 
5. Bergerak lebih banyak dan sering 
Tak banyak disadari bahwa banyaknya bergerak membuat kita lebih sehat. Orang yang banyak beraktifitas akan mendapatkan manfaat kesehatan lebih, selain rasa bahagia. Intinya, menjadi aktif bisa berarti hidup lebih lama karena olahraga memiliki manfaat lebih dari sekedar penurunan berat badanya

2 comments:

  1. waduh saya sering banget diem didepan lepi mungkin seharusnya banyak gerak biar bisa awet muda hehe

    ReplyDelete